Selasa, 04 Juni 2019

Takbir Keliling FPI Berlangsung Kondusif Konvoi Tiga Jam

Takbir Keliling FPI Berlangsung Kondusif Konvoi Tiga Jam
Takbir melakukan perjalanan melintasi sejumlah jalan DKI Jakarta, yang dipegang oleh Front Pembela Islam (FPI) dalam menyambut Idul Fitri 1 Syawal 1440 Haji yang kondusif selama hampir tiga jam.

Perjalanan takbir bepergian ini dimulai di depan Jalan Petamburan III sekitar pukul 9:00 malam. WIB, Selasa (4/6). Kegiatan berakhir di ruas Jalan Letjen S Parman sekitar pukul 00.05 WIB, (5/6) di lapangan, ratusan orang yang ikut serta dalam perjalanan takbir mengendarai sepeda motor.

Takbir Keliling FPI Berlangsung Kondusif Konvoi Tiga Jam

Satu mobil perintah digunakan dalam aktivitas. Di depan mobil komando ada sekitar satu mobil dan 10 sepeda motor yang mengawal kelompok. Sementara seratus sepeda motor membuntuti di belakang mobil komando. Mereka berjalan perlahan. Para peserta takbir yang bepergian mengenakan pakaian yang didominasi warna putih.


Namun, banyak peserta takbir menggunakan helm ini. Mereka memilih untuk menggunakan topi. Kegiatan bepergian takbir yang diprakarsai oleh Tentara Pembela Islam (LPI), sebuah badan otonom yang termasuk dalam organisasi FPI, mulai bergerak di sepanjang Jalan Jenderal Gatot Subroto. Mereka berjalan beriringan di bahu kiri jalan.

Sementara masyarakat umum melewati diarahkan untuk menggunakan bahu kanan jalan. Sesekali kelompok itu berhenti untuk merapikan barisan konvoi. Setelah bertemu dengan bagian Jalan MT Haryono, kelompok Takbir mengelilingi bagian Jalan Otto Iskandar Dinata.

Di sana, banyak anggota FPI sedang menunggu prosesi. Mereka kemudian bergabung dengan barisan konvoi yang terus berlari menuju Kampung Melayu. Konvoi Takbir berkeliling kemudian melewati Jalan Raya Jatinegara Barat.

Tidak sedikit orang yang mengabadikan konvoi Takbir sekitarnya. Jalan Matraman Raya terus berlanjut. Selama perjalanan, petugas polisi membantu lalu lintas ketika kelompok Takbir yang bepergian lewat.


Kelompok takbir berkeliling lalu pindah ke Jalan Salemba Raya. Mereka terus berjalan perlahan-lahan dengan nyanyian takbir dari atas mobil komando untuk masuk di Jalan Kramat Raya. Sampai di sini, peserta takbir bepergian tampaknya semakin meningkat. Ada yang naik truk pickup. Konvoi berbaris hingga sekitar 1 kilometer.

Namun, Kompilasi Badan Eksekutif Nahdlatul Ulama (PBNU), peserta mengendarai sepeda motor membunyikan klakson. Mereka terus membunyikan klakson sampai mereka melewati kantor PBNU. Para peserta juga mengambil bendera bertuliskan kata tauhid.

Ada juga yang membawa bendera dengan wajah Imam Besar FPI Riziek Shihab. Setelah itu rombongan memasuki Jalan Kramat Kwitang. Konvoi Takbir di sekitar FPI melewati Jalan Medan Merdeka Selatan, dan berlanjut ke Cideng.

Kemudian perjalanan berakhir di Jalan Letnan Jenderal S Parman. Di sana para peserta takbir yang bepergian berhenti sejenak. Anggota FPI dari mobil komando kemudian menutup kegiatan dengan membaca doa. Para peserta kemudian berpisah di perempatan Jalan KS Tubun.

Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Support