Sabtu, 08 Juni 2019

Arus Balik, Jakarta Polisi Terapkan Untuk One Way Di Tol Cikampek Malam Ini

Arus Balik, Jakarta Polisi Terapkan Untuk One Way Di Tol Cikampek Malam Ini
Kepala Korps Lalu Lintas Inspektur Polisi Nasional Pol Refdi Andri mengatakan sistem satu arah atau satu arah ketika Lebaran 2019 arus balik diterapkan di arah Tol Cikampek di Jakarta pada H + 1 atau Sabtu 8-06-2019 malam. Satu cara diterapkan mulai dari Gerbang Tol Cikampek Utama ke Cikarang Utama mulai jam 9:00 malam. WIB hingga dua jam ke depan.

"Satu jalan diterapkan dari Gerbang Cikampek Utama ke Cikarang Utama selama 2 jam," kata Refdi, Sabtu 08-06-2019.

Refdi mengungkapkan, salah satu cara juga diterapkan di KM 439 Ungaran mengarah Semarang ke KM 414 Kalikangkung.

Arus Balik, Jakarta Polisi Terapkan Untuk One Way Di Tol Cikampek Malam Ini

"Ini diterapkan mengingat arus yang berasal dari Colomadu, Kartasura dan Ngemplak, Solo cukup deras," katanya.

Aplikasi satu arah sejak di KM 439 Ungaran dan hingga Cikarang Utama adalah sistem satu arah terpanjang, mencapai 410 KM.

Penegakan satu arah yang dilakukan oleh Korlantas adalah untuk memecah kepadatan arus balik. Keputusan satu arah diterapkan secara situasional dengan mempertimbangkan arus balik yang dinamis.

Secara terpisah, Pejabat Informasi dan Komunikasi untuk Bagian Jalan Tol Jakarta-Cikampek, Jupri Suryanto, mengkonfirmasi bahwa ada perintah penegakan satu arah pada Sabtu malam. Dia mengatakan bahwa sistem satu arah di jalan tol Cikampek dilaksanakan tepatnya mulai dari KM 70.

"Itu akan diterapkan satu arah dari Gerbang Tol Cikampek ke Cikarang Barat," kata Jupri yang dikutip Antara.

Menurut Jupri, kendaraan yang masih di jalan tol dan tempat istirahat di arah Cikampek juga sudah disterilkan oleh petugas.

Sementara kendaraan menuju Cikampek dialihkan untuk keluar ke pintu Cikarang Barat lalu menggunakan jalan arteri.

Jupri mengatakan, penerapan satu arah itu situasional tergantung pada kepadatan arus lalu lintas.

Dia mengungkapkan bahwa implementasi satu arah malam ini disebabkan oleh sederetan kendaraan yang dimonitor untuk mulai solid di jalan tol Cipali. Selain itu, kepadatan juga terjadi di sejumlah tempat peristirahatan di jalan tol Cikampek meskipun tempat peristirahatan telah dibuka.

Sebelumnya, polisi telah menerapkan sistem satu arah dari KM 414 Gerbang Tol Kalikangkung ke KM 70 Cikatama Gerbang Tol.

Sedangkan contraflow engineering yang sebelumnya diterapkan di KM 70 hingga KM 29 di Jalan Tol Jakarta-Cikampek telah ditutup sekitar pukul 20.00 WIB.
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Support