Minggu, 05 Mei 2019

Hasil Sidang Isbat Dan Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 6 Mei 2019

Hasil Sidang Isbat Dan Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 6 Mei 2019
Pemerintah melalui Kementerian Agama (Kemenag) menentukan awal puasa atau 1 Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada Senin (6/5). Keputusan untuk menentukan 1 Ramadhan diambil melalui sesi pengadilan Islam yang diadakan di Kementerian Agama pada hari Minggu (5/5) malam.

Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengatakan ada sembilan petugas yang memberikan kesaksian di bawah sumpah mereka melihat bulan baru. Kesembilan petugas itu berada di Bangkalan Gresik Lamongan di Jawa Timur. Kemudian Makassar Sulawesi Selatan, Brebes Jawa Tengah dan Sukabumi Jabar.

"Karena itu, pemilihan Ramadhan 1440 H jatuh besok besok 6 Mei 2019," kata Lukman Hakim.

Hasil Sidang Isbat Dan Pemerintah Tetapkan 1 Ramadan 6 Mei 2019


Pertemuan isbat diadakan di Auditorium HM Rasjidi, Gedung Departemen Agama, Jalan MH Thamrin mulai pukul 17.00 WIB. Penentuan 1 Ramadhan melalui sesi jamaah Islam dilakukan melalui pelacakan paparan hasil data tentang perhitungan dan pemantauan rukyatul hilal yang telah dilakukan oleh Tim Kementerian Agama di 102 titik di seluruh Indonesia.

Jemaat Islam adalah cara pemerintah menentukan awal Ramadhan 1440, karena, di beberapa wilayah Islam ada orang-orang yang pertama kali melakukan puasa.

Pertemuan isbat tahun ini dihadiri oleh teman-teman yang ramah, Ketua Komisi VIII DPR Ali Taher, perwakilan Dewan Ulama Indonesia (MUI), Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), dan Lembaga Penerbangan dan Antariksa Nasional (LAPAN).

Selain itu, Masjid Agung Istiqlal Nasaruddin Umar Imam juga mewakili organisasi masyarakat Islam seperti PBNU dan Muhammadiyah juga berpartisipasi dalam sesi isbat.

Juga hadir pada pertemuan Badan Informasi Geospasial (BIG), Institut Teknologi Bosscha Bandung (ITB), Planetarium, dan astronom dari berbagai organisasi Islam dan perwakilan dari negara sahabat.

Sebelumnya, LAPAN juga telah melakukan pengamatan hilal dan memperkirakan bahwa 1 Ramadhan 1440 Hijriah akan jatuh pada 6 Mei 2019. Prediksi ini sesuai dengan tanggal yang dibuat dengan aplikasi Kalender Hijriah Akurat (AHC) untuk menentukan perhitungan awal dari Ramadan, Syawal dan Zulhijah 1440 H.

Kepala LAPAN dan anggota tim perhitungan rukyat Kementerian Agama, Thomas Djamaluddin mengatakan bahwa para ahli ini telah menggunakan program atau aplikasi astronomi untuk memprediksi awal Ramadhan.

"Ada banyak program atau aplikasi astronomi saat ini, yang dapat diunduh secara gratis seperti Stellarium. Para ahli perhitungan telah menggunakannya," kata Thomas.

Sementara itu, PP Muhammadiyah juga telah menetapkan awal Ramadhan 1440 Hijriah jatuh pada 6 Mei 2019. Hal ini ditentukan berdasarkan perhitungan akhir wujudul hilal yang dipandu oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah.

"Ijtimak menjelang Ramadhan 1440 H berlangsung pada hari Minggu Kliwon, 5 Mei 2019 pukul 05:48:25 WIB," kata pengumuman PP Muhammadiyah.

Jangan Lupa Di Share Iyah... ^-^ ^.^ ^_^
Share:

0 komentar:

Posting Komentar

Blog Archive

Support